7 Aplikasi GIS Terbaik dan Gratis untuk Pendataan Wilayah

7 Aplikasi GIS Terbaik dan Gratis untuk Pendataan Wilayah

 Ada banyak dampak positif dari kemajuan teknologi, salah satunya dengan hadirnya aplikasi Sistem Informasi Geografis atau GIS. Fungsi aplikasi GI adalah sebagai alat untuk mendata suatu wilayah yang sebelumnya tidak ada di peta.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat difungsikan sebagai alat untuk membantu pemerintah dan perusahaan dalam pengembangan jaringan transportasi dan pemekaran suatu wilayah.

Jika kamu bekerja di bidang Geospatial, mungkin daftar aplikasi GIS terbaik berikut bisa diandalkan untuk membuat pekerjaan kamu menjadi lebih ringan.


Daftar Aplikasi GIS Terbaik dan Gratis


1. Quantum GIS (QGIS)

Di daftar pertama ada Quantum GIS yang dibuat dengan bahasa pemograman Phyton dan C++. Aplikasi ini bisa kamu gunakan secara gratis dengan banyak fitur dan plugins unggulan. Kamu bisa membuat model pemetaan yang dinamis dan dapat diatur sesuai keinginan.

Quantum GIS atau QGIS adalah aplikasi GIS gratis yang jadi andalan banyak orang untuk membuat peta di suatu wilayah yang masih terisolir. Aplikasi ini dapat dihubungkan dengan aplikasi serupa seperti Grass GIS dan MapServer.

2. Mappt

Mappt termasuk aplikasi untuk mendata wilayah terbaik yang dilengkapi dengan fitur tracking GPS offline. Di aplikasi ini kamu bisa melakukan semua aktivitas yang berhubungan dengan pemetaan kawasan pertambangan, industri, atau pertanian.

Dengan segala kemudahan dan fitur unggulan, tak heran kalau Mappt dipercaya lebih dari 130 negara. Aplikasi ini juga terintegrasi dengan software GIS (Geographic Information System) di PC seperti ArcGIS.

3. Mapit GIS

Merupakan aplikasi Sistem Informasi Geografis di hp, Mapit GIS dibekali UI yang sangat simple dan mudah digunakan. Mapit GIS sangat cocok untuk pemula yang diharuskan memiliki mobilitas tinggi. Dengan Mapit GIS kamu bisa mengumpulkan data-data penting dengan efektif.

Di samping memetakan wilayah, ini juga bisa kamu andalkan untuk mengetahui jarak antar area. Mapit GIS didukung dengan sistem koordinat WGS84, Web Mercator, dan NATO. Tertarik dengan aplikasi ini? Silahkan unduh di Google Play, gratis!

7 Aplikasi GIS Terbaik dan Gratis untuk Pendataan Wilayah

4. SW Maps

Bicara soal aplikasi GIS terbaik di Android, nama SW Maps tentunya tak boleh terlewatkan. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk mengumpulkan data geografis dengan sangat akurat karena didukung Google Maps dan OpenStreetMap.

Selain itu SW Maps memiliki fitur shapefile layers yang bisa diaplikasikan di semua sistem koordinat. Dengan begitu, kamu dapat menentukan garis, titik, dan poligon sesuai keinginan. Yang tak kalah menariknya, dengan aplikasi ini kamu bisa berbagi template proyek dengan rekan kerja.

5. Locus GIS

Locus GIS masuk dalam jajaran aplikasi GIS offline di Android yang dilengkapi fitur untuk mengumpulkan, melihat, dan memperbarui data. Aplikasi ini sangat membantu para pekerja lapangan yang ingin membuat peta suatu wilayah.

Locus GIS sudah membantu banyak perusahan yang bergerak di bidang industri, pertanian, hingga kehutanan. Aplikasi yang dikembangkan oleh Asamm Software ini sangat ringan dan tersedia untuk perangkat mobile serta desktop.

7 Aplikasi GIS Terbaik dan Gratis untuk Pendataan Wilayah

6. ArcGIS Pro

ArcGIS Pro termasuk aplikasi GIS berbasis web terpopuler yang dikembangkan oleh Esri. ArcGIS Pro selalu jadi yang teratas karena kualitasnya yang lebih baik. Dari segi fungsi, tak ada perbedaan dari aplikasi lain. Hanya saja fitur dan tools-nya jauh lebih lengkap.

Dengan segala kelebihannya, untuk bisa menggunakan aplikasi ArcGIS Pro kamu harus membeli lisensi sebesar $1,500 atau sekitar Rp 21 juta. Namun jangan khawatir, kamu tetap bisa menikmati ArcGIS Pro secara gratis dengan program free trial selama 21 hari.

7. FME (Feature Manipulation Engine)

Yang terakhir ada FME atau Feature Manipulation Engine. Ini juga termasuk aplikasi GIS terbaik dan gratis yang memiliki banyak pengguna. Aplikasi ini mampu menghasilkan pemetaan geografis yang sangat baik berbekal fitur-fitur mumpuni.

Fitur utama yang ada pada aplikasi FME adalah distribusi data dapat dilakukan ke banyak pengguna secara bersamaan. Selain itu ada juga fitur untuk mengirim data dari situs web ke platform lainnya.

Bagi kamu yang bekerja di bidang pemetaan, pendataan, atau sejenisnya, sebaiknya gunakan aplikasi GIS terbaik agar hasil akhirnya memuaskan. Beberapa daftar di atas bisa kamu pilih sesuai keinginan, mana yang fiturnya lebih lengkap.

Perlu diingat kalau daftar di atas tidak merepresentasikan urutan yang terbaik, kami hanya menempatkan daftarnya secara acak. Akhir kata, semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "7 Aplikasi GIS Terbaik dan Gratis untuk Pendataan Wilayah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel